ETS APSI 1
ETS APSI 2023 - Evaluasi 1 Analisis dan Perancangan
Nama : Rano Noumi Sulistyo
NRP : 5025211185
Kelas : APSI D
No 1.
Jelaskan jenis-jenis sistem informasi dan penggunaannya
Sistem informasi dapat dibagi berdasarkan kebutuhan sistemnya, apa yang dilakukan dan untuk apa dibuat. mereka dibagi menjadi berikut.
- Transaction system: sistem informasi yang menangkap dan mencatat transaksi yang dilakukan. Dengan memiliki data tersebut sistem informasi akan mengeluarkan nilai transaksi dan dimasukkan ke database agar uang dapat dicek.
- Office system : System yang membantu pekerjaan. Hal ini bisa berupa absensi, schdule managing dan lain lain. Dengan adanya sistem ini kerja dapat dilakukan secara cepat dan efisien.
- Information Management system : Sistem informasi yang dibuat untuk mengelola informasi dan memaparkannya sehingga mudah diolah dan dilihat. Sistem ini bisa mengambil data dari sistem informasi lain dengan tujuan menyatukan data data yang dimiliki.
- Knowledge Work system : System yang dibuat oleh para ahli sebagai database besar untuk mencari ilmu pengetahuan dan teknik yang diperlukan. Sistem informasi ini dibuat untuk mempromosi pembuatan ilmu dan teknik baru untuk dimasukkan kembali ke sistem.
- Decission supoort system : Sistem informasi yang dibuat untuk membantu mengambil keputusan berdasarkan informasi yang telah diolah dan dipaparkan. Hal ini diperlukan agar kita tidak perlu susah mencari informasi detail untuk menentukan sesuatu.
- AI/Expert system :sistem yang dibuat dengan bantuan AI atau expert untuk mengelola informasi dan membantu user untuk mendapat ilmu dari expert yang mengelola sistem tersebut. expert ini bisa berupa ai yang tingkat komputasi dan berpikirnya tinggi.
- Group support system : Sistem informasi yang bekerja berdasarkan input dan ilmu grup secara kolektif. Hal ini bisa dari quisoner, voting dan lain lain. Dengan sistem informasi ini keputusan akan dibuat berdasarkan opini semua orang. Terdapat juga versi eksekutif dimana hanay sekelompok eksekutif saja yang bisa memengaruhi keputusan.
No 2.
Kapan system request dibuat? Tuliskan isi dari system request?
System request adalah dokumen yang dibuat untuk memproposalkan sebuah sistem informasi. Berarti system request dibuat pada fase ide dari sistem informasi baru dibuat. Sebelum semua dilakukan atau fase planning.
Dalam system request terdapat 5 hal yaitu :
1. Project Sponsor : orang yang mensponsori pembuatan SI
2. Business Need : Menngapa kita butuh SI
3. Business Requirement : Apa yang dibutuhkan oleh SI
4. Business Value : Manfaat dari SI
5. Special Issue : hal yang perlu diperhatikan
No 3.
Apa perbedaan dari businees need, requirement, dan value?
Business Need adalah alasan atau tujuan utama dalam pembuatan sebuah sistem informasi. Dengan pembuatan sistem informasi ini kita dapat menyelesaikan masalah yang diinginkan atau hal yang ingin didapatkan.
Business Requirement adalah hal hal yang diperlukan oleh sistem agar ia bisa berjalan sesuai tujuannya. Dengan list hal hal yang dibutuhkan oleh sistem ini maka gambaran kerja sistem bisa terbuat dengan jelas.
Business Value adalah manfaat dari pembuatan atau penyelesaikan sebuah sistem. Lebih detailnya lagi adalah hal yang diexpektasi oleh terbuatnya sistem.
Contoh : jika sebuah website memiliki masalah sering terjadi hacking. Maka business neednya adalah peningkatan security sehingga user tidak terkena efek hacking. Business Requirementnya berupa sistem password yang kuat dan firewall yang diupgrade serta training pegawai. Business valuenya adalah meningkatnya kepercayaan user, dan menurunnya resiko bocornya data.
No 4.
Deskripsikan strategi yang dilakukan dalam tahapan analysis?
Dalam tahapan analisis kita akan mendifinisikan requirement dari system request dan diproses. Pertama kita harus memiliki strategi dalam menganalisis, partikan sesuai dengan tahapan planning. Kita juga perlu memastikan bagaimana requirement itu bisa dilaksanakan dan apa saja yang diperlukan agar bisa terpenuhi . Hal ini bisa berupa interview quesioner dan lain lain agar sistem informasi benar benar memiliki tujuan yang jelas dan tepat. Kita akan mencari solusi dan membayangkan tahap pengerjaan serta bagaimana hal tersebut akan digunakan (use cases). Lalu kita membuat model process pembuatan dan data model dari process tersebut. Dengan model database dan workflow yang jelas maka pembuatan sistem bisa dilakukan secara lancar.
No 5.
Bagaimana caranya untuk mendapatkan spesifikasi kebutuhan yang sesuai dengan system request?
Agar spesifikasi sistem dapat sesuai dengan system request kita perlu memastikan poin poin penting yang ada dari sistem, apa yang kita perlu dan harus ada dalam sistem. Apakan kita sudah melakukan hal yang diminta? lalu kita perlu mengecek fitur fitur yang ada dalam sistem, apakah sudah bekerja dengan baik dan sesuai dengan keinginan. Mengecek kebutuhan non-fungsional seperti pekerja yang bisa membuat sistem. Pastikan kebutuhan yang dibuat dapat diukur dan dapat diverifikasi apakah sudah terpenuhi. Juga pastikan kebutuhan tersebut konsisten, realistis dan dapat dicapai. Lalu kita perlu melakukan prototyping untuk mendapatkan feedback dari user atas kesesuainag fungsi dan keinginan. Bila sudah sesuai dengan system request maka bisa dilaunch.
No 6.
Video Eksplanasi no 3
Comments
Post a Comment